Rabu, 12 Juni 2013

MAKALAH ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI



STUDY KELAYAKAN BISNIS

DISUSUN OLEH:
M-25
MIRANDA WARUWU




DOSEN PENGASUH  : EDUAR BAENE,SE,M.Si







PROGRAM STUDY MANAGEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PEMBANGUNAN NASIONAL
GUNUNGSITOLI
2013





KATA PENGANTAR


                   Ucapan syukur kepada Bapa Maha Pengasih atas karunia dan rahmat yang telah di limpahkan-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI “. Karya tulis ini berfokus pada analisis dan kelayakan suatu usaha.
                   Dalam rangka ikut berperan serta menunjang proses perkuliahan, kami tim penyusun menyelesaikan sebuah karya dalam bentuk makalah sebagai pelengkap tugas mata kuliah  (Studi Kelayakan Bisnis). Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan,ketrampilan untuk memahami proses atau tahap dalam pengambilan keputusan.
                   Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyusun karya tulis ini, khususnya kepada Bapak Eduar Baene S.E,MSI yang telah banyak memberi kontribusi pengarahan kepada kami.
                   Tak ada gading yang tak retak. Kami menyadari karya tulis ini memiliki kelemahan dan kekurangan baik dalam segi penulisan maupun penyusunan kata, kiranya semua pihak yang menggunakannya dapat memberi sumbangsih pemikiran demi kesempurnaan karya tulis ini.


                                                                                                Gunungsitoli, 22 Mei 2013
                                                                                                            Hormat kami

                                                                                                            Kelompok V
                                                                                                                   M-25      
   



DAFTAR ISI
Kata Pengantar                                                                                                                           
Daftar Isi                                                                                                                                    

BAB 1:PENDAHULUAN   
1.1               Latar Belakang 
1.2               Perumusan Masalah                                                                                          
1.3               Tujuan Pembelajaran                                                                                         

BAB II:PEMBAHASAN
2.1                     Pengertian Aspek Manajemen dan Organisasi                                                 
2.2                     Manajemen sumber Pembangunan Proyek                                                       
2.3                     Manajemen Sumber DayaManusia                                                                   
2.4                     Bentuk-Bentuk Organisasi                                                                               

BAB III:PENUTUP
3.1Kesimpulan 
3.2Saran           

Daftar Pustaka                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     




BAB I 
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

            Aspek manajemen dan organisasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dari beberapa aspek kajian. Dimana keberhasilan suatu kegiatan bisnis yang telah dinyatakan feasible untuk dikembangkan, sangat dipengaruhi oleh peranan manajemen dalam penyampaian tujuan

            Aspek manajemen bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan dan implementasi bisnis dapat direncanakan, dilaksanakan, sehingga rencana bisnis dapat dinyatakan layak atau sebaliknya tidak layak.

            Mengingat pentinya peranan aspek manajemen dalam menentukan keberhasilan suatu kegiatan / bisnis yang dilakukan maka perlu diadakan suatu analisis untuk kelayakan suatu usaha dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

1.2       Perumusan Masalah
a.       Bagaimana aspek manajemen diterapkan dalam organisasi ?
b.      Apa model perencanaan yang digunakan agar tujuan manajemen Sumber Daya Manusia ?
c.       Bagaimana model organisasi yang digunakan untuk mengetahui jenis organisasi yang dijalankan ?

1.3       Tujuan Pembelajaran
            Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan aspek manajemen dan organisasi. Agar para pelaku perusahaan / organisasi dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kualitas kerja.
BAB II
ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI

A.                 Pengertian Aspek Manajemen

Aspek manajemen merupakan aspek yang cukup penting dianalisis untuk kelayakan suatu usaha. karena walaupun suatu usaha telah dinyatakan layak untuk dilaksanakan tanpa didukung dengan manajemen dan organisasi yang baik, bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan.
baik menyangkut masalah esdm maupun menyangkut rencana perusahaan secara keseluruhan haruslah disusun dengan tujuan perusahaan.
fungsi-fungsi manajemen:
1.      Perencanaan (Planning)
2.      Pengorganisasian (Organizing)
3.      Pelaksanaan (Actuating)
4.      Pengawasan (Controlling)

B.            Manajemen Pembangunan Proyek

                   Manajemen proyek adalah sistem untuk merencanakan,melaksanakan, dan mengawasi pembangunan proyek dengan efesien. pembangunan proyek harus dapat menyusun rencana pelaksanaan proyek dengan mengoordinasikan berbagai aktifitas atau kegiatan proyek dan penggunaan sumber daya agar secara fisik proyek dapat diselesaikan tepat waktu.

rencana proyek yang baik akan meliputi unsur-unsur berikut:
1.      Menetapkan tujuan
2.      Mendefenisikan proyek
3.      Mencantumkan langkah utama untukdilakukan
4.      Analisi biaya atau manfaat
5.      Jadwal waktu untuk penyelesaian
6.      Uraian mengenai sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek

Mengawasi atau mengendalikan proyek merupakan hal yang penting untuk menjagaagar proyek selesai tepat pada waktunya. mengawasi suatu proyek meliputi monitoring terhadap sumber daya, biaya, kualitas dan anggaran.

C.        Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu konsep yang bertalian dengan kebijaksanaan, prosedur, dan praktik bagaimana mengelola atau mengatur orang dalam perusaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan

·         Analisis Jabatan
Analisis jabatan merupakan suatu proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan suatu jabatan.

·         Perancangan Jabatan
Perancangan jabatan merupakan proses yang di tentukan dan di ciptakan oleh karakteristik  kualitas kerja dari suatu jabatan.
  perencanaan jabatan didasarkan pada pendekatan sebagai berikut:
1.     Pendekatan mekanistik
2.      Pendekatan faktor manusia
3.      Pendekatan motivasi

·         Perencanaan Sumber Daya Manusia
Perencanaan sumber daya manusia merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk meramalkan atau memperkirakan kebutuhan sumberdaya manusia dalam suatu bisnis atau perusahaan.
manfaat yang di peroleh perusahaan dari lingkungan kerja yang aman dan sehat adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan produktivitas karena menurunya jumlah hari kerja yang hilang.
2. Meningkatnya efisiensi dan kualitas kerja.
3. Menurunnya biaya-biaya kesehatan dan asuransi.
4. Fleksibilitas dan adaptabilitas yang lebih besar.


D.    Pengertian Organisasi
Struktur organisasi formal disusun untuk membantu pencapaian tujuan organisasi agar lebih efektif.
Desain struktur organisasiditentukan oleh:
1. Strategi organisasi
2. Lingkungan
3. Teknologi
4. Orang-orang yang terlibat dalam organisasi

E.     Bentuk-bentuk Organisasi
Dalam praktiknya bentuk organisasi di sesuaikan dengan bidang usaha yang di jalankan.kemudian juga disesuaikan dengan kebutuhan organisasi itu sendiri.berikut ini beberapa  jenis bentuk organisasi yang umum:
1) Bentuk organisasi yang di tinjau dari jumlah pimpinan puncak dapat di bedakan:
a. Organisasi yang memiliki pimpinan puncak satu orang. contohnya :    perusahaan perseorangan
 b. Organisasi yang mempunyai pimpinan puncak lebih satu orang atau dewan.
   contohnya: perseroan terbatas atau firma.
2) Bentuk organisasi berdasarkan hubungan-hubungan wewenangnya.

Organisasi Garis / Lini
Organisasi lini adalah organisasi yang smata-mata memiliki hubungan wewenang lini dalam organisasinya.
ciri-ciri organisasi lini:
a)      Hubungan antara atasan dan bawahan masih bersifat langsung melalui suatu garis wewenang.
b)      Jumlah karyawan sedikit,maka struktur organisasi masih sederhana.
c)      Pimpinan dengan karyawannya saling mengenal dan dapat berhubungan setiap hari kerja.
d)     Masing-masing kepala unit memiliki wewenang dan tanggung jawab penuh atas segala bidang pekerjaan yang ada dalam unitnya.
e)      pucuk pimpinan biasanya pemilik perusahaan.
f)       Pucuk pimpinan dipandang sebagai sumber kekuasaan tunggal ,segala keputusan/kebijaksanaan dan tanggung jawab ada pada satu tangan.
g)      Tingkat spesialisasi belum tentu tinggi,alat-alat yang di perlukan tidak beranekaa ragam.
h)      Organisasi kecil.

keuntungan organisasi lini:
1.      Kesatuan pimpinan terjamin sepenuhnya,karena pimpinan berada dalam satu tangan.
2.      Disiplin kerja para anggota pada umumnya tinggi.
3.      Koordinasi relatif mudah di laksanakan.

            kelemahan organisasi lini:
1.      Tujuan pribadi pucuk pimpinan sering kali tidak dapat di bedakan dengan tujuan organisasi..
2.      Ada kecenderungan pimpinan untuk bertindak secara otoriter dan ditaktor
            kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.

Organisasi Lini dan Staf
                        ciri-ciri organisasi lini:
a.       Organisasi besar dan bersifat kompleks.
b.      Jumlah karyawannya banyak.
c.       Hubungan antara atasan dan bawahan tidak bersifat langsung.
d.      Pimpinan dan karyawan semuanya tidak saling mengenal.
e.       Spesialisasi dengan beraneka ragam di perlukan dan digunakan secara maksimal.

                        keunggulan model organisasi lini dan staf antara lain:
a.       Azas kesatuan pimpinan tetap dipertahankan,
b.      Adanya pembagian tugas yg jelas antara pimpinan,staf,dan pelaksana
c.       Tipe organisasi lini dan staf fleksibel, karena dapat di terapkan pada organisasi besar/kecil, pemerintah atau swasta

                        kelemahan model organisasi lini dan staf antara lain:
a.       Kelompok pelaksana sering bingung untuk membedakan perintah dan bantuan nasehat.
b.      Solidaritas para karyawan kurang,sebab tidak saling mengenal.
c.       Persaingan kurang sehat sering terjadi karena setiap unit menganggap tugasnyalah yang terpenting.

Organisasi Fungsional
            ciri-ciri organisasi fungsional:
a.       Pembidangan tugas secara tegas dan jelas dapat di bedakan.
b.      Spesialisasi para karyawan dapat di kembangkan dan digunakan secara optimal.
c.       Bawahan akan menerima perintah dari beberapa orang atasan.
d.      Koordinasi menyeluruh pada umumnya cukup pada level manajemen atas.

            Organisasi lini, staf dan fungsional
organisasi ini merupakan kombinasi dari ketiga type,yaitu organisasi lini,staf,dan operasional.tipe ini biasanya di terapkan pada organisasi besar dan kompleks.

Flat organization atau T form organization
organisasi ini lebih lincah dan fleksibel dalam menghadapi perkembangan dan perubahan lingkungan, sehingga dewasa ini bentuk organisasi ini semakin banyak digunakan.



BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
          Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan perusahaan yang ingin dicapai dan ini akan lebih mudah tercapai apabila memenuhi kaidah-kaidah atau tahapan dalam proses manajemen. Masing-masing fungsi tidak dapat berjalan sendiri-sendiri akan tetapi harus dilaksanakan secara berkesinambungan, karena kaitan antara satu fungsi dengan fungsi yang lain sangatlah erat.
          Aspek manajemen dapat mengkoordinasikan dengan benar dan baik antara sumber daya ekonomi yang dipunyai  dengan kebutuhan kegiatan-kegiatan proyek, agar proyek dapat diselesaikan dan beroperasi sebagaimana diharapkan.

2.      Saran
          Berdasarkan uraian kesimpulan diatas, penulis dengan segala keterbatasannya mencoba untuk memberikan beberapa pendapat atau saran sebagai masukan agar suatu usaha dapat beraktifitas dengan baik harus memiliki kemampuan untuk  mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha tersebut, mulai dari aktifitas atau kegiatan yang akan dilakukan maupun yang telah dilakukan.
          Dengan  demikian haruslah menggunakan pendekatan-pendekatan untuk mengkaji layak tidaknya bisnis tersebut dalam studi kelayakan bisnis yang ditinjau dari aspek manajemen dan organisasi.




DAFAR PUSTAKA


Kasmin, Jakfan, 2003. Study Kelayakan Bisnis, Jakarta./kencana Prenad Media Group

3 komentar:

  1. How To Play Blackjack | William Hill, Baccarat - William Hill
    If worrione you are looking for the best choegocasino card game in the world, Baccarat offers you a great 제왕 카지노 chance of The only place to learn the rules and the game

    BalasHapus
  2. Lucky Club Casino Site
    Online casino website www.luckymobileslots.com. Established in 카지노사이트luckclub 2004, Lucky Club Casino is the perfect place for all the excitement of the casino floor. If you are looking for an

    BalasHapus